Kreasi Anak Cerdas Tanpa Batas

Kecerdasan Multiple Intelligence

0
Sepintas istilah ini terdengat cukup ‘menyeramkan’ tapi juga membuat dahi kita berkerut penasaran. Padahal, si ‘Multiple Intelligence’ ini justru sangat berjasa untuk mengungkap kecerdasan dasar dalam diri setiap manusia.

Apa sih Multiple Intelligence itu?

“Multiple Intellegence” merupalan istilah lain dari “kecerdasan majemuk”, yaitu model kecerdasan baru yang telaah mendapatkan pengekuan dunia sebagai salah satu teori belajar yang paling inovatif di abad ke-20

Dalam teori yang ditemukan oleh Howard Gardner, seorang psikolog dari Harvard University, dikatakan bahwa ada Delapan jenis Kecerdasan Dasar dalam diri setiap manusia, yaitu:

1. Kecerdasan Interpersonal

Kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain sehingga mudah bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya. Mampu memimpin, mempengaruhi orang lain, mengorganisir dan menyelesaikan perselisihan.

2. Kecerdasan Intrapersonal

Kemampuan mengenal diri sendiri, mudah menerima input, mampu introspeksi diri, memiliki cita-cita yang jelas, menyukai kesendirian dan berdialog dengan diri sendiri.

3. Kecerdasan Logika Matematika

Kemampuan berfikir deduktif dan induktif, struktural, logika, sistematis, dan menganalisa angka-angka, memiliki ketajaman dan berspekulasi

4. Kecerdasan Visual Spasial

Memiliki Kemampuan atau ketajaman melihat gambar, bentuk, warna, ruang dan benda. Kemampuan daya ingta dan imajinasi yang tinggi, hasil gambar bisanya bagus dan senang membaca peta.

5. Kecerdasan Body Kinestetik

Memiliki kemampuan menerima informasi melalui gerakan atau terlibat dalam kegiatannya secara langsung. Memiliki energi yang tinggi seolah tidak pernah lelah.

6. Kecerdasan Verbal Linguistik

Memiliki keterampilan dalam mengekspresikan ide-ide melalui kata-kata baik lisan maupun tulisan. Memiliki daya ingat yang kuat dan mudah berlajar beberapa bahasa.

7. Kecerdasan Musikal

Memiliki kepekaan menagkap suara-suara disekitarnya. Jika bercerita menggunakan irama intonasi dan gaya bicara yang ekspresif sehigga menarik.

8. Kecerdasan Naturalis

Senang mengamati dan mengobservasi lingkungan alam maupun bentuk-bentuk bangunan. Senang kegiatan di alam terbuka, peka terhadap kejadian-kejadian alam.

Anak kita memiliki kecerdasan yang mana ya?

Ketika dari awal kita sudah mengetahui kecerdasan yang menonjol dari anak kita, akan lebih mudah untuk mengembangkannya, tinggal terus di pupuk, disiram dan dirawat (tanaman kalee ). Insyaallah akan berprestasi dalam bidang tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.