Kreasi Anak Cerdas Tanpa Batas

Di mana ya, suaranya?

0
Sediakan mainan berbunyi gemerincing seperti giring-giring atau mainan boneka berbentuk binatang yang dapat mengeluarkan bunyi/suara jika dipencet ataupun di pukul.

Usia:
0 bulan ke atas

Cara bermain:

  1. Letakkan bayi dalam posisi terlentang/duduk diatas alas/tempat tidur. Posisi mainan di depan mata bayi, sekitar 30cm. Goyang-goyangkan/pencet mainan iitu hingga berbunyi. Mata bayi akan terfokus pada sumber suara.
  2. Secara perlahan, gerakkan mainan itu ke kiri dan ke kanan sambil terus digoyangkan/dipencet sehingga menimbulkan suara. Mata bayi akan terus mengikutinya. Ucapkan [pula, “Mainan ini bergerak ke kiri, terus ke kanan.”
  3. Sembunyikan mainan ini dari pandangan bayi, misal dibelakang kepala, lalu bunyikan sambil digerakkan ke arah samping kiri, kanan atau atas kepala. Ucapkan, ” Dimana sumber suara itu, sayang?” jika mata bayi melihat ke sumber suara, pujilah dengan tulus, “Wah, anak mama pintar sekali.”
  4. Di usia sekirat 4 bulan, bayi akan berusaha memegang mainan itu. Berikan saja agar ia mengenal bentuk, tekstur, dan bisa memainkan sendiri dengan cara berusaha menggoyang-goyang/memencet.
  5. Permainan ini bisa juga digunakan tanpa alat. Contoh, ibu atau ayah menyuarakan berbagai bunyi, seperti menggumam, bersiul, tertawa dan lainnya. Lakukan gerakan maju-mundur, ke kiri-kanan sehingga bayi mengikuti sumber suara.

Kecerdasan yang dikembangkan :

  1. Kecerdasan Linguistik/Bahasa. Bayi belajar mengenali suara sekaligus ekspresi wajah ibu/ayahnya; belajar intonasi suara saat ibu/ayah berbicara; mengenal nama mainan berbunyi yang beragam itu sehingga menambah perbendaharaan katanya.
  2. Kecerdasan Naturalis. Bayi mengenal mainan yang berkaikan dengan alam, semisal aneka mainan berbentuk hewan seperti bebek, kuda, kucing dan lainnya, sehingga ia tak merasa asing dengan alam
  3. Kecerdasan Interpersonal. bayi berinteraksi secara aktif dengan ayah/ibu. Dengan aktif bermain, diharapkan bayi akan mudah menjalin interaksi sosial dengan lingkungan.
  4. Kecerdasan Visual-Spasial & Kinestetik Jasamani. Dengan menoleh kekanan dan kekiri, atas-bawah, depan-belakang, bayi mengasah kemampuan visual, indra pendengaran, belajar mengenal arah dan melatih oto-otot lehernya.

sumber: NAKITA seri buku — 48 Permainan Untuk Kecerdasan

Leave A Reply

Your email address will not be published.